Sunday, January 10, 2021

PERJUANGAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORY


Bulan September dan oktober 2020, saya mengikuti kegiatan Pembatik Level 2 untuk berjuang lulus ke level selanjutnya pada Pembatik Level 3 dimana salah satu penilaian yaitu membuat media pada level kreasi dengan membuat media pembelajaran Articulate story. , mengikuti Video Conference via zoom dan ikut ujian  dengan jadwal yang ditentukan hingga batas pengiriman tugas selama sebulan. 

Sebagai salah satu guru yang pada saat bersamaan diberi tanggung jawab untuk melaksanakan tugas mendampingi kepala sekolah dalam melaksankan tugas pokok dan fungsinya sebagai wakil kepala sekolah urusan sarana dan prasarana dan humas, yang pada saat itu pergantian jabatan kepala sekolah, tentunya banyak hal yang harus kami kerjakan dan selesaikan dengan segera dan mendesak. Maka diawal kegiatan saya memutuskan untuk tidak akan mengikuti kegiatan pembatik Level 3. Sehingga sudah tidak menghiraukan dan tidak menyelesaikan tugas.

Seiring berjalannya waktu hingga 4 hari batas pengiriman tugas saya pun tergugah kembali untuk menyelesaikan tugas pembatik level 3 dan bertekad untuk lulus pada level tersebut meskipun sangat berat untuk menyelesaikan tugas yang baru pertama kali dibuat dan dipelajari dan dalam waktu yang sangat singkat untuk diselesaikan. Namun semangat dan upaya yang luar biasa belajar dari materi dan tutorial yang ada, maka saya pun berhasil menyelesaikan tugas Media Pembelajaran Interaktif articulate Story meskipun masih sangat sederhana dan jauh dari kesempurnaan.  

Dengan waktu 4 hari begadang dari pagi hingga pagi selama 4 hari, dimana jam istirahat berhadapan dengan Laptop hanya waktu shalat dan makan, setelah itu, tancap gas kembali menyelesaikan media  pembelajaran interaktif articulate story. Bahkan dalam tahap finishing  untuk mengaupload menemukan kendala dalam beberapa jam terakhir dari batas waktu yang telah ditentukan. Sehingga harus komunikasi dengan teman-teman di group pembatik. Sehingga langkah akhir salah satu teman membantu untuk mempublish. Namun hati ini tetap tidak tenang, sehingga saya bertanya terus solusinya dan mencoba untuk mengupload ulang kembali meskipun sudah ada teman yang berjanji dan berusaha membantu. hingga jam 10.00 pm proses pengupload tan masih dalam proses, dimana batas akhir upload tugas 12. 00 pm. Dalam kelelahan saya pun masih terus memantau dan berdoa agar upload tugas nya berhasil dari sisa waktu 2 jam terakhir upload tan MPI. Saya pun pasrah, klo masih gagal upload yaa mau diapa lagi. Saya pun chat teman yang berusaha menyelesaikan upload tugas saya, namun beliau pun belum berhasil menyelesaikannya. sayapun semakin galau  dan harap harap cemas, dan akhirnya tepat jam 11.00 pm saya pun berhasil menyelesaikan proses uploaded. 

Akhirnya Perasaan pun legah dan bisa beristirahat dengan tenang setelah 4 hari begadang. Hingga hasil akhir lulus pada pembatik level 3. Perjuangan membuat media pembelajaran Interaktif akhirnya tidak sia sia dan membuahkan hasil yang baik. Tetap semangat and keep struggel.

1 comment: